Pesta Adat Panen Raya Suku Kenyah

Masyarakat Kenyah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang mayoritas berprofesi sebagai petani disetiap tahunnya setelah lepa ajau (sesudah panen padi), mereka selalu mengadakan acara adat pesta panen raya di Amin Adet (Balai adat desa). 


Sebagaimana telah diketahui hampir disemua perkampungan suku Kenyah sudah ditetapkan sebagai desa budaya dan destinasi wisata oleh pemerintah daerah setempat dikarenakan keindahan serta keunikan adat istiadat dan budaya yang dimiliki suku Kenyah.


Di beberapa perkampungan masyarakat Kenyah seperti di Desa Budaya Lekaq Kidau, Tukung RitanRitan Baru, Lung Anai, Sungai Bawang, Rukun Damai, Data Bilang dan lainnya yang disetiap tahunnya merayakan acara adat pesta panen dengan prosesi Mecaq Undat. Panen raya di Desa Budaya Kenyah diawali prosesi Mecaq Undat biasanya dilaksanakan di bulan mei atau juni. 


Filosopi dari pesta adat panen raya tersebut adalah sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Kenyah kepada Tuhan atas berkat dan rahmat-Nya yang diberikan kepada petani, sehingga memperoleh hasil panen padi yang melimpah. Serta sebagai upaya untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang selama ini selalu dijaga dengan baik oleh suku Kenyah.

Seperti halnya semua pesta adat yang dilaksanakan masyarakat Kenyah maka prosesi adat panen raya Mecaq Undat juga diawali dengan penyembelihan hewan babi. Darah babi tersebut kemudian dipercikkan ke tanah. 




Darah babi dipersembahkan kepada para Bali (Roh) yang dipercayai masyarakat Kenyah sudah berjasa memberikan perlindungan dan tanah yang subur bagi mereka untuk berladang.


Puncak acara dari panen raya ini adalah prosesi Mecaq Undat. Mecaq Undat sendiri mengandung arti Menumbuk dengan Alu supaya beras menjadi halus . 




Setelah beras tadi ditumbuk, proses selanjutnya adalah Meko Undat (Mengayak Beras). 



pesta adat panen raya suku kenyah

Kemudian beras yang telah halus seperti tepung tersebut dimasukkan ke dalam bambu muda dan dimasak dengan cara dibakar. Nantinya beras yang sudah masak tadi beserta babi yang telah dipotong akan dibagikan untuk dimakan secara bersama-sama (Uman Undat).


Di Pesta panen raya ini selalu disuguhkan berbagai tarian khas dari suku Kenyah seperti Kanjet Datun Julut, Kanjet Udo', Kanjet Datun Sun Bulak dan lainnya sebagainya. 


Semua tarian tersebut akan diiringi instrumen musik tradisional khas Kenyah seperti : Sambe' , Jatung Utang, Sambe' Bio' dan Lutung. Selain pertunjukkan tarian juga diadakan berbagai kegiatan perlombaan seperti lomba ngeleput (menyumpit) dan pasa alut (lomba perahu).





    Dema Yeliang

    Share this

    Related Posts

    Previous
    Next Post »
    View comments