Lutung Alat Musik Khas Kenyah


Di antara beberapa alat musik petik khas dari Suku Kenyah selain Sambe'/Sampe' adalah Lutung. Jika alat musik tradisional Sambe'/Sampe'/Sape' hanya terdiri 2, 3 dan maksimal hingga 4 tali senar saja, maka alat musik tradisional Lutung mempunyai maksimal 6 tali senar. Dan yang uniknya alat musik Lutung ini di letakkan dalam posisi vertikal.



Perlu diketahui di pulau Borneo/Kalimantan, alat musik tradisional Lutung ini hanya terdapat di suku Kenyah. Di semua sub suku (Lepo', Uma') Kenyah mempunyai alat musik tradisional Lutung ini namun yang masih sering memainkan alat musik ini sampai sekarang adalah para perempuan dari Kenyah Lepo' Ke', Lepo' Ma'ut, Lepo' Nyibun, Lepo' Tau, Lepo' Timei, Kenyah Ngorek dan Bakung.

Alat musik tradisional Lutung terbuat dari kayu adau dan ada pula Lutung yang dari bambu. Sedangkan yang dari bambu disebut Lutung bulo' . Dahulu tali senar terbuat dari serat kayu iman dan bambu namun sekarang ini kawat baja yang umum digunakan.


Alat musik Lutung dapat dimainkan oleh para perempuan maupun pria berumur, namun kebanyakan yang memainkan Lutung adalah para perempuan. Sedangkan para pria lebih cenderung memainkan Sambe'/Sape/Sampe'


Alat musik ini biasanya dimainkan oleh dua orang atau lebih, dengan pemain pertama memainkan melodi dan pemain lainnya sebagai penyeimbang instrument.


Instrument Lutung dibawakan untuk mengiringi tarian ketika acara adat tapi sering juga digunakan oleh sang pemain Lutung untuk menghibur hati dirinya sendiri dikala sepi atau tatkala bersedih hati.




Beberapa melodi Kenyah yang sering dimainkan dengan alat musik lutung adalah :

đŸŽ” Tut-Tut Nang

đŸŽ” Ilun Butit
đŸŽ” Ilun Pesak Paku
đŸŽ” Matei Busong
đŸŽ” Ti Ruti Lun
đŸŽ” Datun Julut
đŸŽ” Atek Lan
đŸŽ” Tiang Ne Lan E

đŸŽ” Lileng 
đŸŽ” Mudung Ina
Alat musik Lutung ini masih banyak dimainkan oleh para perempuan Kenyah yang sudah berumur (di atas 45 tahun) di daerah Apau Kayan seperti Long Nawang, Long Aran, Long Alango, Long Berini, Apau Ping, di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara dan juga di Long Banga serta Long Semiyang, Baram - Sarawak.


Lutung alat musik khas kenyah
alat musik petik lutung suku kenyah






 photo 3 :  http://marischkaprudence.blogspot.com

Dema Yeliang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
View comments