Desa Budaya Bena Baru


Desa budaya Bena Baru merupakan sebuah perkampungan Kenyah yang berada di Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau - Kalimantan Timur . 

Desa budaya Bena Baru dihuni mayoritas dari suku Kenyah Badeng dengan jumlah 800 jiwa dan 145 kepala keluarga. Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai petani dan membuat kerajinan tangan khas Kenyah.



desa wisata budaya bena baru dayak kenyah

Masyarakat Kenyah di Bena Baru ini awalnya berasal dari masyarakat Kenyah Badeng di Long Bena, Pujungan, Apau Kayan. Mereka bermigrasi dari Long Bena menuju sungai kelay Kecamatan Sambaliung, Berau sekitar tahun 1980 hingga 1982 dengan alasan ekonomi serta untuk mendekatkan diri dengan pendidikan dan pelayanan kesehatan agar anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang layak.


Di perkampungan ini tradisi leluhur adat istiadat suku Kenyah masih terjaga dengan baik seperti halnya di semua desa yang dihuni mayoritas Kenyah di Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara.



desa budaya bena baru

Para turis yang berkunjung ke desa ini dapat menyaksikan beragam atraksi kesenian dan budaya khas suku Kenyah di balai adat bena baru seperti pesta adat, ukiran, kerajinan tangan manik, anyaman, tari-tarian (kanjet). 


Tari-tarian tersebut selalu diiringi alat musik tradisional khas dari suku Kenyah seperti sambe'/sampe', jatung utang, lutung, etc.


desa budaya bena baru
desa budaya bena baru
desa budaya bena baru





photo 1 & 2 : http://martatongsay.blogspot.com/

Dema Yeliang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
View comments