Suku Kenyah Di Desa Budaya Pampang


Suku Kenyah adalah salah satu masyarakat asli di Kalimantan yang sangat menjaga tradisi budaya leluhur mereka. Hampir disemua pemukiman Suku kenyah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara telah ditetapkan sebagai desa wisata dan budaya oleh pemerintah daerah setempat, hal tersebut dikarenakan keindahan serta keunikan adat istiadat dan tradisi Kenyah.

desa budaya pampang


Salah satu contoh pemukiman masyarakat Kenyah yang telah ditetapkan sebagai desa budaya dan wisata adalah Desa Pampang yang berada di Kelurahan Sungai Siring sekitar 17 km dari Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pada bulan juni 1991 Desa Pampang di tetapkan sebagai desa budaya oleh Gubernur Kalimantan Timur yang ketika itu dijabat oleh H.M.Ardans.

Desa ini terbentuk dari perpindahan Suku Kenyah di Apau Kayan yang dimulai sejak tahun 1967 hingga terakhir sekitar tahun 1982. Pelopornya terdiri dari beberapa keluarga Kenyah yaitu Peringai, Taman Bulan, Taman Yuli, Taman Ani, Pelenjau, Jawi Ngau, Perimang, Bit Imang.


Mayoritas penduduk desa ini dari Kenyah Bakung dan sebagian kecil Kenyah Lepo' Tukung, Lepo' Tau dan Lepo' Jalan.



desa budaya pampang

Di dalam Amin Adet Pemung Tawai (Balai adat) di desa budaya pampang pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi kesenian suku Kenyah setiap hari minggu pukul 14.00 – 15.00 wita. Selain atraksi kesenian pengunjung juga dapat membeli beragam souvenir kerajinan tangan khas suku Kenyah.



desa budaya pampang

Dema Yeliang

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
View comments